Selasa, 31 Januari 2017

Tentang Iklan




Nama                           : Nailus Saadah
Nim                             : 1310102010033
Kelas                           : 01
Mata Kuliah                : Perencanaan Media

1.      Definisi Iklan
Iklan adalah pesan berisi ide, gagasan dan penjelasan mengenai suatu produk atau jasa, mengandung kata-kata bujukan dan rayuan yang disampaikan melalui media massa ditujukan kepada khalayak ramai agar tertarik untuk membeli barang atau jasa tersebut.
Ø  Jenis-jenis iklan
·         Iklan Keluarga
·         Iklan Niaga
·         Iklan Pengumuman
·         Iklan Baris
·         Iklan Layanan Masyarakat
·         Iklan Perusahaan
·         Iklan Konsumen
·         Iklan Eceran

2.      Fungsi iklan
Ø  Informing
Yaitu memberitahukan atau memberi informasi mengenai barang atau jasa kepada khalayak agar khalayak sadar akan kehadiran barang atau jasa tersebut.
Ø  Persuading
Maksud dari persuading ini membujuk, merayu dan mengajak para konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan yang bagus dan efektif adalah iklan yang mampu menarik konsumen untuk mencoba produk yang ditawarkan.
Ø  Reminding
Adalah mengingatkan kepada konsumen agar senantiasa teringat didalam benak mereka mengenai produk yang diiklankan tersebut, akan lebih bagus bila konsumen mengingat brand dan juga perusahaan yang memproduksi barang tersebut.
Ø  Adding Value (memberikan nilai tambah)
Periklanan memberikan nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen. Periklanan yang efektif menyebabkan merek dipandang elegan, bergaya, bergengsi dan lebih unggul dari tawaran pesaing.
Ø  Assisting (mendampingi)
Peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan komunikasi pemasaran. Sebagai contoh, periklanan adalah sebagai komunikasi untuk menyampaikan peluncuran produk-produk baru.

3.      Mengapa iklan banyak menggunakan talent perempun
Tak bisa dipungkiri dalam dunia periklanan sangat banyak menggunakan artis atau bintang iklan seorang perempuan. Baik itu menyangkut secara langsung antara produk dan pesan yng disampaikan itu dengan dunia perempuan maupun tidak. Menurut saya, banyaknya talent perempuan ini dikarenakan perempuan mempunyai daya tarik tersendiri didunia hiburan yang akan sangat membantu para pengiklan agar iklannya dilihat oleh banyak orang dan produk yang diiklankan akan cepat laku dipasaran. Para talent perempuan ini kebanyakan memancarkan aura tersendiri untuk menarik perhatian baik lelaki maupun perempuan misalnya dari segi parasnya yang cantik, badannya yang bagus, atau dari pakaiannya yang terkadang minim menjadi suatu daya tarik. Ketika iklan diperankan oleh artis yang cantik siapa yang tidak tergiur memakai suatu produk yang sama dengan artis wanita yang cantik.Pria mana yang tidak tertarik memakai produk yang dipakai oleh seorang wanita yang cantik walaupun mengkin terkadang si artis hanya mengiklankan produk tersebut tanpa memakainya.
Perempuan tidak hanya menarik kaum lelaki saja tetapi juga kaum perempuan maka dari itulah kenapa talent perempuan sering dipakai didunia periklanan kalau seorang lelaki dijadikan talent akan menarik juga tetapi, sangat sedikit yang tertarik untuk memperhatikan iklan tersebut. Paling hanya dari kaum perempuan. Karena, menurut yang selama ini saya tahu, kaum lelaki sangat jarang mengidolakan artis yang lelaki kecuali seorang terkemuka seperti presiden, pengusaha terkaya, raja dan lain sebagainya. Beda dengan perempuan yang juga mengidolakan lelaki dan juga perempuan bahkan sangat ingin seperti sang artis. Bahkan ada yang sangat mengidolakan sampai mau melakukan operasi plastik. Para lelaki kebanyakan hanya suka dari hal aktingnya saja dalam sebuah film tapi tidak terlalu tertarik untuk mau menjadi seperti artis tersebut. Atau mungkin tidak tertarik dengan artisnya tapi ingin seperti artis yang putih pakailah produk pemutih yang diiklankan
Menurut saya, bila dalam dunia periklanan yang digunakan kebanyakan talent lelaki, konsumen juga akan terbujuk akan tetapi orang-orang tertentu saja, misalnya para wanita yang sangat mengidolakan artis tersebut akan sangat tertarik tapi, bila produknya khusus pria, hanya tertarik pada iklannya saja tapi tidak untuk membeli produknya. Dan juga, iklan akan menarik atau membujuk para kaum lelaki yang juga mengidolakan artis tersebut tapi jarang lelaki lebih tertarik pada iklan yang lawan jenis perankan. Sedang perempuan bisa tertarik pada keduanya. Jadi, iklan yang diperankan oleh lelaki akan sedikit yang terbujuk kecuali produk tersebut memang produk yang selalu digunakan dan dibutuhkan oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Atau, produk tersebut memang dibutuhkan oleh semua lelaki tapi beda merek dengan para pesaing, maka mungkin sebagian lelaki akan memakai produk yang diiklankan oleh talent pria yang dikaguminya misalnya antara shampo head and shoulders yang diperankan oleh Darius dengan shampo Clear yang diperankan oleh Ronaldo mungkin akan banyak pria yang pakai Clear dibanding Head and Sholders. Itu dikarenakan produk tersebut dibutuhkan. Selain itu juga, pria terkadang tidak terlalu memperhatikan produk apa yang dipakai karena sifat pria yang tidak peduli asal bisa dipakai ya pakai saja kecuali para pria yang menjaga penampilan.
Bagi saya, sudah bagus para pengiklan yang selama ini banyak menggunakan talent perempuan bahkan saya pribadi lebih suka iklan yang diperankan oleh perempuan karena terkesan elegan, dan menarik baik dari suaranya yang membaca iklan tersebut atau perannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar