Nama
: Nailus Saadah
Nim
:
1310102010033
Kelas
: 01
Mata
Kuliah : Perencanaan Media
1.
Definisi
Iklan
Iklan
adalah pesan berisi ide, gagasan dan penjelasan mengenai suatu produk atau jasa,
mengandung kata-kata bujukan dan rayuan yang disampaikan melalui media massa
ditujukan kepada khalayak ramai agar tertarik untuk membeli barang atau jasa
tersebut.
Ø Jenis-jenis iklan
·
Iklan Keluarga
·
Iklan Niaga
·
Iklan Pengumuman
·
Iklan Baris
·
Iklan Layanan Masyarakat
·
Iklan Perusahaan
·
Iklan Konsumen
·
Iklan Eceran
2.
Fungsi
iklan
Ø Informing
Yaitu memberitahukan
atau memberi informasi mengenai barang atau jasa kepada khalayak agar khalayak
sadar akan kehadiran barang atau jasa tersebut.
Ø Persuading
Maksud dari persuading
ini membujuk, merayu dan mengajak para konsumen untuk membeli barang atau jasa
yang ditawarkan. Iklan yang bagus dan efektif adalah iklan yang mampu menarik
konsumen untuk mencoba produk yang ditawarkan.
Ø Reminding
Adalah mengingatkan
kepada konsumen agar senantiasa teringat didalam benak mereka mengenai produk
yang diiklankan tersebut, akan lebih bagus bila konsumen mengingat brand dan
juga perusahaan yang memproduksi barang tersebut.
Ø Adding Value (memberikan nilai
tambah)
Periklanan memberikan
nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen. Periklanan yang
efektif menyebabkan merek dipandang elegan, bergaya, bergengsi dan lebih unggul
dari tawaran pesaing.
Ø Assisting (mendampingi)
Peran utama periklanan
adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan
komunikasi pemasaran. Sebagai contoh, periklanan adalah sebagai komunikasi
untuk menyampaikan peluncuran produk-produk baru.
3.
Mengapa
iklan banyak menggunakan talent perempun
Tak bisa dipungkiri dalam dunia periklanan sangat
banyak menggunakan artis atau bintang iklan seorang perempuan. Baik itu
menyangkut secara langsung antara produk dan pesan yng disampaikan itu dengan
dunia perempuan maupun tidak. Menurut saya, banyaknya talent perempuan ini
dikarenakan perempuan mempunyai daya tarik tersendiri didunia hiburan yang akan
sangat membantu para pengiklan agar iklannya dilihat oleh banyak orang dan
produk yang diiklankan akan cepat laku dipasaran. Para talent perempuan ini
kebanyakan memancarkan aura tersendiri untuk menarik perhatian baik lelaki
maupun perempuan misalnya dari segi parasnya yang cantik, badannya yang bagus,
atau dari pakaiannya yang terkadang minim menjadi suatu daya tarik. Ketika
iklan diperankan oleh artis yang cantik siapa yang tidak tergiur memakai suatu
produk yang sama dengan artis wanita yang cantik.Pria mana yang tidak tertarik
memakai produk yang dipakai oleh seorang wanita yang cantik walaupun mengkin
terkadang si artis hanya mengiklankan produk tersebut tanpa memakainya.
Perempuan tidak hanya menarik kaum lelaki saja
tetapi juga kaum perempuan maka dari itulah kenapa talent perempuan sering
dipakai didunia periklanan kalau seorang lelaki dijadikan talent akan menarik
juga tetapi, sangat sedikit yang tertarik untuk memperhatikan iklan tersebut.
Paling hanya dari kaum perempuan. Karena, menurut yang selama ini saya tahu,
kaum lelaki sangat jarang mengidolakan artis yang lelaki kecuali seorang
terkemuka seperti presiden, pengusaha terkaya, raja dan lain sebagainya. Beda
dengan perempuan yang juga mengidolakan lelaki dan juga perempuan bahkan sangat
ingin seperti sang artis. Bahkan ada yang sangat mengidolakan sampai mau
melakukan operasi plastik. Para lelaki kebanyakan hanya suka dari hal aktingnya
saja dalam sebuah film tapi tidak terlalu tertarik untuk mau menjadi seperti artis
tersebut. Atau mungkin tidak tertarik dengan artisnya tapi ingin seperti artis
yang putih pakailah produk pemutih yang diiklankan
Menurut saya, bila dalam dunia periklanan yang
digunakan kebanyakan talent lelaki, konsumen juga akan terbujuk akan tetapi
orang-orang tertentu saja, misalnya para wanita yang sangat mengidolakan artis
tersebut akan sangat tertarik tapi, bila produknya khusus pria, hanya tertarik
pada iklannya saja tapi tidak untuk membeli produknya. Dan juga, iklan akan
menarik atau membujuk para kaum lelaki yang juga mengidolakan artis tersebut
tapi jarang lelaki lebih tertarik pada iklan yang lawan jenis perankan. Sedang
perempuan bisa tertarik pada keduanya. Jadi, iklan yang diperankan oleh lelaki
akan sedikit yang terbujuk kecuali produk tersebut memang produk yang selalu
digunakan dan dibutuhkan oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan.
Atau, produk tersebut memang dibutuhkan oleh semua lelaki tapi beda merek
dengan para pesaing, maka mungkin sebagian lelaki akan memakai produk yang
diiklankan oleh talent pria yang dikaguminya misalnya antara shampo head and shoulders yang diperankan oleh
Darius dengan shampo Clear yang
diperankan oleh Ronaldo mungkin akan banyak pria yang pakai Clear dibanding Head and Sholders. Itu dikarenakan produk tersebut dibutuhkan.
Selain itu juga, pria terkadang tidak terlalu memperhatikan produk apa yang
dipakai karena sifat pria yang tidak peduli asal bisa dipakai ya pakai saja
kecuali para pria yang menjaga penampilan.
Bagi saya, sudah bagus para pengiklan yang selama
ini banyak menggunakan talent perempuan bahkan saya pribadi lebih suka iklan
yang diperankan oleh perempuan karena terkesan elegan, dan menarik baik dari
suaranya yang membaca iklan tersebut atau perannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar