A. Latar
Belakang
Selain dikenal
sebagai daerah bersyariat Islam, Aceh juga dikenal dengan seni dan budaya yang
yang mampu memukau dunia. Tari Saman, Ranup Lampuan, dan Seudati hanyalah
sebagian dari banyaknya seni yang dimiliki Aceh. Namun, kekayaan daerah Aceh
tidak selalu tertuju pada seni dan budayanya, tetapi juga potensi wisata alam
yang tidak kalah dari daerah Indonesia lainnya. Selain Sabang yang memang telah
dikenal dengan wisata baharinya, Aceh yang terdiri dari belasan kabupaten masih menyimpan begitu banyak area pariwisata
menarik lainnya. Meski begitu, potensi
pariwisata Aceh dapat dikatakan masih minim dalam menarik para turis lokal mau
pun mancanegara. Alasannya, selain terkendala oleh akses dan infrastruktur,
kegiatan promosi yang menarik melalui media mainstream masih begitu kurang.
Dimulai dari
berberpa tahun lalu hingga kini, aceh memang telah gencar mengkampanyekan
daerahnya sebagai destinasi pariwisata melalui Visit Aceh. Meski begitu, jumlah
wisatawan belum mencapai angka yang memuaskan. Maka dari itu, diperlukan
strategi yang menarik dan jitu dalam memperkenalkan pariwisata Aceh, termasuk
juga pemilihan media yang tepat.
Penggunaan media
internet seperti blog dan social media diharapkan dapat menjadi media yang
ampuh dalam mendekati masyarakat secara luas, tidak hanya di Indonesia tetapi
juga dunia. Blog dapat menjadi salah satu media informasi popular yang sering
diakses oleh pengguna internet. Maka dari itu, dalam rangka menggencarkan
promosi wisata Aceh untuk tahun ini, Dinas Pariwisata Provinsi Aceh berencana
mengundang para blogger ternama yang mewakili kesepuluh Negara ASEAN untuk
berkunjung ke Aceh. Dalam kegiatan ini, para peserta atau blogger akan diajak
berwisata ke beberapa kawasan wisata Aceh, yaitu daerah Banda Aceh, Pulau weh, Aceh Besar dan Aceh
Jaya. Dengan ini, para blogger diharapkan dapat mempublikasikan pengalaman
wisata mereka dalam blog masing-masing sehingga dapat berkontribusi besar dalam
pengembangan wisata provinsi Aceh.
Oleh karena itu,
proposal ini ditulis untuk memberikan usulan terkait pengembangan pariwisata
Aceh. Pemanfaatan media internet, seperti blog dapat menjadi media andalan yang
dapat menjangkau masyarakat luas di era sekarang. Selain itu, dengan ikon
sebagai daerah bersyariat Islam, aceh diharapkan mampu menjadi destinasi wisata
yang berbeda sekaligus unik dan mampu menggaet turis asing untuk merasakan
pengalaman yang berbeda dalam perjalanan wisata mereka.
B. Nama
Kegiatan
Tur Wisata Aceh
Bersama 10 Blogger ASEAN dalam Rangka Mempromosikan Visit Aceh 2016.
Mengadakan
tur bersama 10 Blogger ASEAN yang prioritas agar mereka memasukkan dan
mepublikasi tempat-tempat wisata yang mereka kunjungi. Fokusnya kepada blogger
dikarenakan, pariwisata banyak dikenal orang dan mencari panduan adalah melalui
blogger sehingga, dengan banyaknya publisitas melalui blogger tempat wisata
Aceh akan mudah dikenal dunia. Dalam rangka mempromosikan Visit Aceh karena,
program ini lebih dulu ada dan lebih ingin ditingkatkan agar program ini terus
berkembang dan bermanfaat.
C. Tujuan
Kegiatan
·
Mendapatkan
publisikasi baik dari media lokal maupun media massa asing khususnya new media
·
Menggaet
wisatawan baik lokal maupun asing
·
Menarik
para invesror baik lokal maupun asing
D. Target Peserta Kegiatan
Ø
Perwakilan
blogger terpopuler setiap Negara di ASEAN
Para blogger ternama yang berasal dari kesepuluh
Negara Asean diharapkan dapat berkontribusi dalam mempublikasi pariwisata di
provinsi Aceh.
Dalam hal ini, dinas pariwisata Aceh bekerja sama dengan pemerintah ASEAN dalam
hal penyeleksian program ini.
Ø
Wartawan
lokal
Untuk
mendapatkan publisitas di media lokal mengenai kegiatan yang dilaksanakan.
Ø
Guide
setiap daerah yang berpotensi wisata
Guide setiap daerah ini, adalah orang-orang yang sudah
sangat mengenal daerah setempat, menggunakan mereka agar, penduduk asli dari
dareah tersebut ikut berpartisipasi dalam hal pengenalan tersebut
Ø
Gubernur
dan wali kota
Gubernur dan wali kota adalah orang yang sangat berpengaru di Aceh,
sehingga acara seperti ini mesti diketahui.
E. Tagline
Kegiatan dan Penjelasannya
“Time
to find thousands of nature beauty in Seuramoe Mekkah”
Kami mengambil tagline ini,
alasannya karena kita tahu begitu banyak keindahan alam yang ada di Aceh baik
yang sudah terkenal, yang belum terkenal atau mungkin belum dibuka untuk dijadikan
tempat wisata oleh para warga setempat. Jadi dengan acara ini, harapannya
berbagai tempat wisata yang ada dibumi serambi Mekkah ini dikenal dunia. kata
Seramoe Mekkah melambangkan bahasa Aceh yang dengan artian wisata bernafaskan
islam dikarenakan terasnya Mekkah yang kita tahu kiblatnya orang Islam. Kata
dalam bahasa Inggris biar seluruh dunia paham dengan maksud dan tujuannya.
F. Output
dari kegiatan
Ø
Publikasi
Hasil yang didapat yang pertama yang pasti publikasi
terutama media lokal, karena acara ini adalah acara pertama yang diadakan dinas
Pariwisata Aceh jadi, rakyat Aceh perlu mengetahui hal seperti ini.
Ø
Meninggkatnya
wisatawan lokal dan asing
Dengan adanya publikasi, maka wisatawan akan meningkat
karena, berbagai hal yang indah kita ekspos ya melalui blog terbaik yang ada di
negara-negara ASEAN
Ø
Meningkatkan
perekonomian daerah
Dengan banyaknya wisatawan yang masuk, secara otomatis,
banyak pemasukan yang akan masuk pada perekonomian daerah dan lagi akan banyak
terbuka lapangan kerja bagi daerah setempat dan juga warga bisa membuka usaha
baru.
Ø
Meningkatkan
pembangunan infrastruktur daerah
Dengan wisatawan banyak yang masuk dan perekonomian
meninggkat, infrastruktur untuk mendukung mulusnya kegiatan pariwisata akan
gencar dibangun, karena dinas secara langsung sudah memberi perhatian khusus
dalam rangka mebangun pariwisata Aceh.
G. Lokasi
kegiatan
a.
Banda
Aceh
b.
Pulau
Weh
c.
Aceh
Besar
Ø
Lampuuk
Ø
Air
Terjun Suhom
d.
Aceh
Jaya
Ø
Gunong
Gerutee
Ø
Kuala
Merisi (Krueng sabee)
H. Media
partner dan Skema Kerjasamanya
1.
Serambi
Indonesia
2.
TVRI
Aceh
3.
Aceh
Tv
4.
Blog
I. Timeline
jadwal kegiatan
|
senin
|
selasa
|
rabu
|
kamis
|
jumat
|
Sabtu
|
minggu
|
Acara Pembukaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Wisata Banda Aceh
|
|
|
|
|
|
|
|
Wisata Aceh Besar
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Lampuuk
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Air Terjun Suhom
|
|
|
|
|
|
|
|
Wisata Aceh Jaya
|
|
|
|
|
|
|
|
1.Gunong Gerute
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Kuala Merisis
|
|
|
|
|
|
|
|
Wisata Pulau Weh
|
|
|
|
|
|
|
|
J. Anggaran
K. Struktur
tim inti pelaksanaan kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar