Jumat, 03 Februari 2017

Contoh proposal kegiatan Publisitas



A.    Latar Belakang
Selain dikenal sebagai daerah bersyariat Islam, Aceh juga dikenal dengan seni dan budaya yang yang mampu memukau dunia. Tari Saman, Ranup Lampuan, dan Seudati hanyalah sebagian dari banyaknya seni yang dimiliki Aceh. Namun, kekayaan daerah Aceh tidak selalu tertuju pada seni dan budayanya, tetapi juga potensi wisata alam yang tidak kalah dari daerah Indonesia lainnya. Selain Sabang yang memang telah dikenal dengan wisata baharinya, Aceh yang terdiri dari belasan kabupaten  masih menyimpan begitu banyak area pariwisata menarik  lainnya. Meski begitu, potensi pariwisata Aceh dapat dikatakan masih minim dalam menarik para turis lokal mau pun mancanegara. Alasannya, selain terkendala oleh akses dan infrastruktur, kegiatan promosi yang menarik melalui media mainstream masih begitu kurang.
Dimulai dari berberpa tahun lalu hingga kini, aceh memang telah gencar mengkampanyekan daerahnya sebagai destinasi pariwisata melalui Visit Aceh. Meski begitu, jumlah wisatawan belum mencapai angka yang memuaskan. Maka dari itu, diperlukan strategi yang menarik dan jitu dalam memperkenalkan pariwisata Aceh, termasuk juga pemilihan media yang tepat.
Penggunaan media internet seperti blog dan social media diharapkan dapat menjadi media yang ampuh dalam mendekati masyarakat secara luas, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Blog dapat menjadi salah satu media informasi popular yang sering diakses oleh pengguna internet. Maka dari itu, dalam rangka menggencarkan promosi wisata Aceh untuk tahun ini, Dinas Pariwisata Provinsi Aceh berencana mengundang para blogger ternama yang mewakili kesepuluh Negara ASEAN untuk berkunjung ke Aceh. Dalam kegiatan ini, para peserta atau blogger akan diajak berwisata ke beberapa kawasan wisata Aceh, yaitu daerah  Banda Aceh, Pulau weh, Aceh Besar dan Aceh Jaya. Dengan ini, para blogger diharapkan dapat mempublikasikan pengalaman wisata mereka dalam blog masing-masing sehingga dapat berkontribusi besar dalam pengembangan wisata provinsi Aceh.
Oleh karena itu, proposal ini ditulis untuk memberikan usulan terkait pengembangan pariwisata Aceh. Pemanfaatan media internet, seperti blog dapat menjadi media andalan yang dapat menjangkau masyarakat luas di era sekarang. Selain itu, dengan ikon sebagai daerah bersyariat Islam, aceh diharapkan mampu menjadi destinasi wisata yang berbeda sekaligus unik dan mampu menggaet turis asing untuk merasakan pengalaman yang berbeda dalam perjalanan wisata mereka.

B.     Nama Kegiatan
Tur Wisata Aceh Bersama 10 Blogger ASEAN dalam Rangka Mempromosikan Visit Aceh 2016.
Mengadakan tur bersama 10 Blogger ASEAN yang prioritas agar mereka memasukkan dan mepublikasi tempat-tempat wisata yang mereka kunjungi. Fokusnya kepada blogger dikarenakan, pariwisata banyak dikenal orang dan mencari panduan adalah melalui blogger sehingga, dengan banyaknya publisitas melalui blogger tempat wisata Aceh akan mudah dikenal dunia. Dalam rangka mempromosikan Visit Aceh karena, program ini lebih dulu ada dan lebih ingin ditingkatkan agar program ini terus berkembang dan bermanfaat.

C.    Tujuan Kegiatan
·         Mendapatkan publisikasi baik dari media lokal maupun media massa asing khususnya new media
·         Menggaet wisatawan baik lokal maupun asing
·         Menarik para invesror baik lokal maupun asing


D.    Target  Peserta Kegiatan
Ø  Perwakilan blogger terpopuler setiap Negara di ASEAN
Para blogger ternama yang berasal dari kesepuluh Negara Asean diharapkan dapat berkontribusi dalam mempublikasi pariwisata di provinsi Aceh. Dalam hal ini, dinas pariwisata Aceh bekerja sama dengan pemerintah ASEAN dalam hal penyeleksian program ini.
Ø  Wartawan lokal
Untuk mendapatkan publisitas di media lokal mengenai kegiatan yang dilaksanakan.
Ø  Guide setiap daerah yang berpotensi wisata
Guide setiap daerah ini, adalah orang-orang yang sudah sangat mengenal daerah setempat, menggunakan mereka agar, penduduk asli dari dareah tersebut ikut berpartisipasi dalam hal pengenalan tersebut
Ø  Gubernur dan wali kota
Gubernur dan wali kota adalah orang yang sangat berpengaru di Aceh, sehingga acara seperti ini mesti diketahui.

E.     Tagline Kegiatan dan Penjelasannya
Time to find thousands of nature beauty in Seuramoe Mekkah
Kami mengambil tagline ini, alasannya karena kita tahu begitu banyak keindahan alam yang ada di Aceh baik yang sudah terkenal, yang belum terkenal atau mungkin belum dibuka untuk dijadikan tempat wisata oleh para warga setempat. Jadi dengan acara ini, harapannya berbagai tempat wisata yang ada dibumi serambi Mekkah ini dikenal dunia. kata Seramoe Mekkah melambangkan bahasa Aceh yang dengan artian wisata bernafaskan islam dikarenakan terasnya Mekkah yang kita tahu kiblatnya orang Islam. Kata dalam bahasa Inggris biar seluruh dunia paham dengan maksud dan tujuannya.

F.     Output dari kegiatan
Ø  Publikasi
Hasil yang didapat yang pertama yang pasti publikasi terutama media lokal, karena acara ini adalah acara pertama yang diadakan dinas Pariwisata Aceh jadi, rakyat Aceh perlu mengetahui hal seperti ini.
Ø  Meninggkatnya wisatawan lokal dan asing
Dengan adanya publikasi, maka wisatawan akan meningkat karena, berbagai hal yang indah kita ekspos ya melalui blog terbaik yang ada di negara-negara ASEAN
Ø  Meningkatkan perekonomian daerah
Dengan banyaknya wisatawan yang masuk, secara otomatis, banyak pemasukan yang akan masuk pada perekonomian daerah dan lagi akan banyak terbuka lapangan kerja bagi daerah setempat dan juga warga bisa membuka usaha baru.
Ø  Meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah
Dengan wisatawan banyak yang masuk dan perekonomian meninggkat, infrastruktur untuk mendukung mulusnya kegiatan pariwisata akan gencar dibangun, karena dinas secara langsung sudah memberi perhatian khusus dalam rangka mebangun pariwisata Aceh.

G.    Lokasi kegiatan
a.       Banda Aceh
b.      Pulau Weh
c.       Aceh Besar
Ø  Lampuuk
Ø  Air Terjun Suhom
d.      Aceh Jaya
Ø  Gunong Gerutee
Ø  Kuala Merisi (Krueng sabee)


H.    Media partner dan Skema Kerjasamanya
1.      Serambi Indonesia
2.      TVRI Aceh
3.      Aceh Tv
4.      Blog

I.       Timeline
jadwal kegiatan
senin
selasa
rabu
kamis
jumat
Sabtu
minggu
Acara Pembukaan







Wisata Banda Aceh







Wisata Aceh Besar







   1. Lampuuk







   2. Air Terjun Suhom







Wisata Aceh Jaya







   1.Gunong Gerute







   2. Kuala Merisis







Wisata Pulau Weh












J.      Anggaran

K.    Struktur tim inti pelaksanaan kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar